Oleh : INDAH "chy". Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

transJAK

Hai para TransJak-ers!
 Tulisan ini sekedar untuk memberikan tips sederhana buat para pecinta TransJakarta yang mungkin hampir tiap hari kerja setia menghabiskan waktu pagi dan sore berdesak - desakan di bus ini.
Tentu transjak-ers sekalian udah pada tau kenyataan bahwa bus ini selalu penuh dan hampir - hampir tidak pernah kosong. Halte nya pun demikian, apalagi di jam - jam berangkat dan pulang kerja. Apalagi pas hari hujan atau ada bus yang mogok, beuh, tentu amat sangat mengesalkan sekali kalo pagi - pagi udah emosi gara - gara kejadian yang disebut dengan TELAT.

Oke, di sini saya akan membagikan sedikit pengalaman dan trik, bagaimana kamu semuanya wahai para transjak-ers sedikit merasa nyaman pas berangkat kerja pake bus kesayangan kita semua ini. Jangan sampe situasi di bus ngerusak pagi kita ya, transjak-ers!

  1. Berdasarkan pengalaman, umumnya bus bakalan penuh di hari senin dan jumat. Saya pribadi belum tau kenapa workers lebih seneng "berkerumun" di dua hari keramat itu. Antisipasinya, kita wajib berangkat lebih pagi. Udah berangkat lebih pagi tapi masih ngantri panjang dan lama? Mungkin emang bus nya yang agak telat di jalan (gara - gara ada kecelakaan atau mogok di jalan). Kalo udah kejebak situasi kepepet kayak gitu, ilmu gambling lah yang kudu diterapkan. Pertama, kalo kira - kira waktu masuk kantor masih agak lama, mending tunggu bus berikutnya. Biasanya sih petugasnya koar - koar kalo bus selanjutnya bakalan lama. Tapi beberapa kali pengalaman ngebuktiin kalo bus setelah bus pertama tadi, kosong. Dengan bahagianya saya berangkat dengan bus yang penumpangnya tidak sampai separuhnya sementara bus yang sebelumnya tadi hampir - hampir enggak ada space buat nafas. Nah kalo kira - kira waktu udah mepet, mau enggak mau harus desak - desakan deh. Gimana sih biar nyaman di dalam bus yang penuhnya amit - amit? Next tips..
  2. Kalo udah terpaksa naek bus yang amat sangat penuh, ada trik yang sedikit membantu. Berdirilah di dekat pintu yang enggak bakal pernah terbuka. It means, kamu harus tau rute perjalanan dan pintu mana yang selalu ngebuka. Sandaran di pintu emang agak bahaya, tapi paling enggak, kalian bisa mengalihkan pandangan ke luar. Untuk antisipasi, pastikan kondisi selalu on pas nyender, jadi kalo seumpama pintu mendadak kebuka, kamu enggak bakalan jatuh. Atau, buat para cewek, pilih di dekat pegangan pembatas duduk, jadi enggak perlu gelantungan (efektif buat yang posturnya pendek). Kadang sih, doorman suka teriak nyuruh geser. Enggak perlu ribut sama mereka, cukup condongkan badan sedikit ke depan, niscaya orang samping kamu yang bakal ngerasa dikasih jalan buat geser. (licik banget ya?hehehe)
  3. Kebiasaan yang dilakuin cewek - cewek kalo udah masuk bus dan enggak dapet duduk adalah ke deket supir, duduk di tangga pintu depan. Hey girl, tangga itu kotor! Okelah, daripada berdiri ya, tapi please, kita kan baru berangkat kerja. Kalo pas pulang kerja, let we do, enggak masalah, toh baju udah kotor. Tapi kalo baru berangkat? Big no no lah ya! Masih pagi, mending ngelakuin tips - tips diatas deh. Lagipula nih, sekarang bus udah menerapkan aturan, kalo penumpang dilarang duduk di situ. Bahkan saya sempet baca ada yang ditulis, kebetulan di sandaran sopir yang mungkin bisa dipake duduk, bunyinya: "dilarang duduk!bau tau!" *LOL*
  4. Cara berikutnya adalah "menghibur diri" di bus yang sesak. Biasa lah, pake headset, puter musik di gadget. Eits, tapi ati2 ya kalo pake gadget di bus. Jangan freak, please! Maksudnya gini, kan bus itu sarana umum, kita juga enggak tau apakah semua orang di situ don't care sama apapun yang kita kerjain, atau justru kepo. Sering banget saya lihat, orang yang saking sibuknya BBM an, entah itu penting atau enggak, sampe - sampe hampir jatoh gara - gara enggak pegangan. Ada juga orang yang harusnya dapet tempat duduk, tapi keduluan yang laen, juga gara - gara gadget. Oiya, freak sama gadget itu juga including telpon atau nyanyi kenceng - kenceng di bus loh! Bukan cuma ngeganggu orang di deket kita, meskipun itu suara kita semerdu Siti Nurhalizah atau Krisdayanti, tapi bus itu bukan ruang karaoke ya transjak-ers! :)
  5. Antisipasi bus yang mogok atau mendadak ada kecelakaan di jalanan yang bikin macet? Cara yang gampang adalah dengan taat aturan. Aturan siapa? Ya aturan pribadi dong! I mean, jangan ngaret dari jadwal kita berangkat. Sebulan pertama kerja pasti udah trial and error tentang jadwal keberangkatan. Enggak ada istilah "ntar dulu ah, kan kemaren kepagian". Karena kamu enggak bakal tau apa yang terjadi kalo keberangkatanmu selisih satu menit aja. Well, mungkin Jakarta adalah kota yang paling possible, apa aja bisa kejadian deh. Yang tepat waktu aja bisa molor, apalagi yang ngaret? :)
  6. Nah yang terakhir ini mungkin bukan tips, tapi lebih ke saran. Trik orang yang umum banget, kalo udah dapet duduk, pasti (pura - pura) tidur. Oke, saya menghargai, mungkin kurang tidur malem harinya (positif thingking). Tapi semoga niat dalam hatinya bukan: "males ah, kalo harus ngasih tempat duduk ke ibu hamil atau nenek - nenek". Percaya deh, transjak-ers, Tuhan itu tau isi hati kita. Jadi kalopun pura - pura, laen hari pasti bakal "dipura - pura in" prang juga. Enggak mau gitu? Ya jangan pura - pura tidur dong. Enggak perlu ngasih duduk ke tiap orang yang dianggap tua kok, cukup ke yang kira - kira bener - bener enggak bisa berdiri lama aja. Beramal dikit enggak apa - apa dong, apalagi kalo pas berangkat kerja, kan masih fresh tuh! :)
Nah, gimana nih, apa udah cukup infonya? Masih pengen tau banget tentang jakarta? Next post, oke!
:)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar